Beberapa waktu lalu, saya mencoba menginstall Line@ di HP. Tujuannya untuk bikin
Pada waktu itu, saya sangat kesulitan untuk menggunakannya, karena memang ini hal yang baru buat saya.
Dengan saya membuat tutorial Line@ disini, selain saya bisa mengingat kembali cara menggunakannya saat saya lupa, saya juga bisa membagikannya untuk yang lain.
Pada waktu itu, saya sangat kesulitan untuk menggunakannya, karena memang ini hal yang baru buat saya.
Dengan saya membuat tutorial Line@ disini, selain saya bisa mengingat kembali cara menggunakannya saat saya lupa, saya juga bisa membagikannya untuk yang lain.
Perbedaan Line dan Line@:
Line digunakan untuk kontak dengan keluarga, teman, atau orang yang kita kasihi.
Line@ digunakan untuk klien, fans, dan pelanggan.
Line@ digunakan untuk klien, fans, dan pelanggan.
Akun seperti apa yang membutuhkan Line@?
Akun online-shop, akun untuk artis/publik figur, akun untuk perusahaan, akun untuk iklan, akun untuk hiburan, dan lain-lain.
Akun online-shop, akun untuk artis/publik figur, akun untuk perusahaan, akun untuk iklan, akun untuk hiburan, dan lain-lain.
Bagaimana cara menggunakannya?
1. Pertama-tama, kamu harus install dulu aplikasinya di Playstore, search "Line@" atau "Lineat", lalu download.
Kamu bisa juga klik dari sinihttps://play.google.com/store/apps/details?id=com.linecorp.lineat.android&hl=en
1. Pertama-tama, kamu harus install dulu aplikasinya di Playstore, search "Line@" atau "Lineat", lalu download.
Kamu bisa juga klik dari sinihttps://play.google.com/store/apps/details?id=com.linecorp.lineat.android&hl=en
2. Setelah berhasil download, klik ikon Line@ yang ada di menu handphone kamu.
3. Hasilnya adalah gambar di bawah ini.
Tampilan Line@ saat pertama dibuka4. Kemudian, ada pilihan Start with Line dan Login with Line Account. Klik Start with Line.
Tampilan Line@ saat pertama dibuka4. Kemudian, ada pilihan Start with Line dan Login with Line Account. Klik Start with Line.
5. Untuk penggunaan pertama, centang "I agree to the Terms of Use for the LINE@ service". Centang juga "I have read the Guidelines".
6. Setelah keduanya dicentang, klik tombol NEXT.
7. Setelah itu, muncul account list. Jika ingin membuat baru, klik tanda +.
(Akun yang ada di layar adalah akun Inspirasi Hari Ini, akun ini saya buat ketika saya terinspirasi melihat orang-orang di sosial media yang hobinya mengeluh dan mencibir orang lain hehehe bener nggak ya? Saya dengan sebisa saya mencoba memberikan inspirasi tentang kehidupan, menghadapi rekan, dan mengeluarkan potensi diri yang lebih baik)
(Promosi dikit: bisa dong rekan-rekan yang sedang baca ini ikut gabung :) masuk di Line-Setting-Add Friends-di kotak search ketik @CNY4149N pakai @ ya..)
8. Setelah diklik, lalu muncul tampilan berikut ini. Ini adalah tampilan tab FRIENDS
9. Ada dua cara untuk mempromosikan akun ini, yakni share QR code seperti di bawah ini, dan..
10. Ini cara kedua.. (cara ketiga dan seterusnya adalah dengan mempromosikan secara langsung ke rekan-rekan terdekat, teman-teman line, atau akun line kita ke sosial media lain)
11. Ini adalah tampilan tab CHATS. Fungsinya kalau ada follower kita yang chat kita. Fitur ini bisa dinonaktifkan kok, penjelasannya ada di bawah..
12. Ini adalah tampilan dari tab HOME, disini ada penjelasan singkat berapa post yang telah diposting, berapa jumlah follower, dan menunjukkan bagaimana tampilan home kita jika dilihat oleh orang lain. Untuk membuat post baru yang akan ditampilkan di time line, klik tombol di kanan atas ya..
13. Jika kita ingin mengganti backgroundnya, kita cukup klik gambar backgroundnya. dan akan keluar tulisan ini.. Take a photo artinya kita ambil dari kamera kita, sedangkan choose a photo berarti kita pilih gambar dari galeri foto..
14. Ini adalah tampilan tab MANAGE. Disinilah kita mulai bongkar-bongkar fasilitasnya Line@.
Di layar utama, ada jumlah FOLLOWER (jumlah berapa orang yang berteman dengan kita), BROADCAST (untuk mengirim status/pesan via chat atau timeline), dan SETTING. Penjelasannya di skip dulu ya..
15. MANAGE MEMBERS & ACCOUNTS. Tujuannya adalah untuk multi-admin, jika kita menggunakan satu akun yang dikelola oleh lebih dari satu orang, fitur ini bisa dipakai.
16. PROFILE. Dibawah ini adalah tampilan line@ setelah tombol profile diklik.
Beberapa fiturnya adalah..
NAME berarti nama akun, bisa diganti dengan jeda 24 jam
WHAT'S UP berarti status saat ini, akan muncul saat kita akan meng-add akun ini, maksimal 20 karakter dan bisa diganti dengan jeda 1 jam.
REPLY MODE berarti pesan yang kita kirimkan ketika orang meng-chat kita
GREETING MESSAGE berarti pesan yang kita kirimkan kepada orang yang baru bergabung.
USER ID berarti umm.. sudah cukup jelas :P
Beberapa fiturnya adalah..
NAME berarti nama akun, bisa diganti dengan jeda 24 jam
WHAT'S UP berarti status saat ini, akan muncul saat kita akan meng-add akun ini, maksimal 20 karakter dan bisa diganti dengan jeda 1 jam.
REPLY MODE berarti pesan yang kita kirimkan ketika orang meng-chat kita
GREETING MESSAGE berarti pesan yang kita kirimkan kepada orang yang baru bergabung.
USER ID berarti umm.. sudah cukup jelas :P
17. Sedikit diulang, ini adalah tampilan NAME
18. Sedikit diulang, ini adalah tampilan WHAT'S UP..
19. Ini adalah tampilan REPLY MODE..
1-on-1 CHAT MODE berarti kita bisa melakukan chat dua arah, baik dari pengguna line@ ke pengguna line, atau sebaliknya.
AUTO REPLY MODE berarti pesan yang dikirimkan otomatis ke pengguna line, karena kita mematikan fitur 1-on-1 chat mode. Sebagai contoh, ada seseorang yang chat saya sesuatu menggunakan line@, maka pesan itu tidak akan saya terima jika saya matikan 1-on-1 chatmode, dan digantikan dengan auto reply message.
KEYWORD REPLY MESSAGE berarti pesan yang akan dikirimkan otomatis jika seseorang mengetik kata-kata kunci yang telah kita buat sebelumnya
GREETING MESSAGE berarti pesan yang akan diterima seseorang sesaat setelah bergabung dengan akun kita secara otomatis.
20. Ini adalah tampilan layar dari AUTO REPLY.. Klik BASIC untuk bisa mengganti chat auto reply, atau klik CREATE NEW MESSAGE jika ingin buat baru.
21. Anggaplah klik BASIC, tampilan layarnya adalah sebagai berikut..
EDIT MESSAGE adalah pesan yang akan dikirimkan otomatis jika ada seseorang yang chat kita.
MANAGEMENT TITLE adalah judul auto replynya.
SPECIFY DATE AND TIME berarti kapan kita akan mengirimkan pesan itu, jika Non-Aktif berarti pesan tersebut akan langsung dikirimkan sesaat setelah chat diterima.
Jangan lupa di SAVE.
22. Klik EDIT MESSAGE, maka akan muncul tampilan seperti ini..
Delete chat balon yang sudah ada dengan mengklik chat tersebut agak lama, kemudian pilih yang akan dihapus dan DELETE.
Ketik baru autoreply yang anda inginkan, lalu ketik SEND.
Anda bisa menambahkan sticker yang disediakan line.
Jika sudah selesai, ketik DONE.
Jika ada orang yang mengchat kita, maka inilah yang akan diterima oleh mereka..
23 Kembali ke Menu Sebelumnya, yakni REPLY MODE.. Sekarang kita akan bahas Keyword Reply Message..
24. KEYWORD REPLY berarti pesan yang akan dikirimkan otomatis kepada follower jika follower mengetik kata kunci yang telah disediakan. Tampilannya ada di bawah ini. Menambah baru klik ADD KEYWORD, kemudian EDIT REPLY MESSAGE.
25. Sesuai gambar, jika ada follower yang mengetik kata "paid promote", chat yang akan muncul adalah sebagai berikut. Cara settingnya sama seperti dengan GREETING MESSAGE di atas..
26. Keyword lain bisa ditambahkan dengan mengklik ADDITIONAL KEYWORDS..
27. Kembali ke menu sebelumnya lagi, REPLY MODE. Ada satu yang belum dibahas, yakni GREETING MESSAGE. Greeting message adalah pesan yang dikirim sesaat setelah follower mengadd kita.
28. Caranya sama, maksimal balloon chat adalah 5. Modify dengan klik agak lama chat tersebut, lalu pilih yang akan dihapus, lalu DELETE. Kalau sudah selesai klik DONE..
29. Kembali ke menu sebelumnya lagi, yakni di menu PROFILE
30. USER ID adalah user yang kita miliki, atau user yang harus diketik orang lain saat akan bergabung, angkanya adalah angka dan huruf acak, tetapi kita bisa mendapatkan ID yang ingin kita dapatkan dengan membayar sejumlah rupiah untuk mendapatkan PREMIUM ID.
31. TELL A FRIEND. Gunanya untuk mempromosikan akun kita, ADD FRIEND URL tujuannya adalah navigasi langsung jika orang mengklik link tersebut langsung menuju halaman line kita.
32. Ini adalah QR Code, bisa di save dan dipromosikan ke media sosial lain ya.. ADD FRIENDS BUTTON gunanya untuk meletakkan tombol add jika kita ingin meletakkan di situs tertentu, misalnya blogspot.
33. Kembali ke Menu Utama, yakni tab MANAGE. Sekarang kita akan bahas BROADCAST & SETTINGS.
34. Di menu BROADCAST, kita bisa pilih apakah akan dibroadcast via chat atau via timeline. Kita juga bisa pilih apakah akan dikirim langsung ataukah berjadwal.
35. EDIT MESSAGE berguna untuk setting pesan apakah yang akan dikirim
RESERVE FOR SENDING berguna untuk timing waktu pengiriman
POST TO HOME berguna untuk dikirim ke Timeline/Home. Jika non-aktif berarti dikirim ke chat, jika aktif berarti dikirim ke timeline. Posting ke timeline hanya boleh satu balloon chat..
SAVE DRAFT berguna untuk menyimpan tanpa mengirim
SUBMIT berarti posting sudah selesai..
36. Menu SETTING, bertujuan untuk mengatur line@ kita.
PROFILE itu sama saja dengan yang sudah dijelaskan di atas, banyak tombol yang memiliki fungsi sama.
STICKER bertujuan untuk mengunduh sticker yang bisa digunakan untuk pesan.
NOTIFICATION bertujuan untuk memberitahu apakah ada pesan/like/comment baru
CHATS bertujuan untuk kualitas foto, ukuran tulisan, hapus history chat, auto rotate layar, SEND WITH RETURN KEY (ketik tombol return berarti otomatis mengirim), dan stiker preview.
FRIENDS bertujuan untuk menunjukkan teman yang telah diblok dan disembunyikan..
37. Kembali ke Menu Awal, dibawah reply mode ada HOME SETTINGS.
POST COVER PHOTO UPDATES bertujuan apakah kita akan memberitahu follower kita jika kita mengganti background
ACCEPT LIKES AND COMMENTS berguna untuk apakah akun kita menerima like dan comments.
Jika diaktifkan, maka akan muncul pilihan LIKES ONLY, jadi Line@ memungkinkan jika kita hanya menerima like saja dan menolak comment yang masuk.
FILTERED WORDS berguna untuk memblok komentar masuk secara otomatis yang mengandung kata-kata yang telah kita setting sebelumnya.
38. Kembali ke menu awal, dibawah home settings, ada ACCOUNT PAGE.
BASIC SETTING adalah informasi-informasi umum mengenai akun, misalnya alamat, nomer telepon, informasi umum yang bisa diakses dengan mudah tanpa harus bongkar timeline dan chat.
COUPON adalah fitur yang sering disalahgunakan, akun palsu dengan mudahnya meningkatkan follower, akan tetapi sekarang sudah tidak ada, karena kami, pengguna line telah dengan mudah mem-banned akun palsu tersebut dengan melaporkannya ke petugas LINE.
COUPON adalah voucher diskon yang bisa kita setting sendiri, follower bisa mendapatkan diskon dengan menunjukkan coupon ini ke petugas/kasir dari produk yang didiskon..
PRODUCT LIST adalah fitur untuk menampilkan menu produk
GALLERY PHOTOS adalah fitur untuk menampilkan foto-foto produk
EMPLOYMENT OPPORTUNITIES berguna untuk memberikan lowongan pekerjaan.
PREVIEW ACCOUNT PAGE bertujuan untuk memberikan hasil tampilan setelah kita melakukan basic settings.
39. Ini adalah tampilan basic settings.
40. Menu berikutnya adalah STATISTICS, disini kita bisa mengetahui berapa orang yang follow kita, berapa orang yang telah memblok kita, harian, mingguan, atau dalam jangka periode tertentu.
Juga bisa melihat jumlah orang yang menglike, jumlah posting, jumlah share, jumlah komentar.
PV adalah singkatan dari PAGE VIEWS. Total berapa kali follower melihat akun kita, satu follower bisa melihat akun lebih dari sekali.
UU adalah singkatan dari UNIQUE USERS. Satu follower yang berkunjung ke akun kita hanya akan dihitung sekali saja.
NUMBER OF POSTS adalah jumlah berapa kali kita pos ke timeline.
NUMBER OF LIKES adalah jumlah berapa kali post kita disukai orang lain
NUMBER OF COMMENTS adalah jumlah berapa kali post kita dikomentari orang lain
NUMBER OF SHARES adalah jumlah berapa kali post kita dibagikan ke orang lain
41. Menu berikutnya adalah Business Store, disini kita bisa membeli akun dengan huruf yang kita inginkan (bukan berupa angka dan huruf acak),
MONTHLY PLAN merupakan fasilitas premium agar kita bisa mengirimkan pesan lebih banyak setiap bulannya.
USAGE CONDITIONS & PURCHASE HISTORY belum pernah pakai..
MONTHLY PLAN merupakan fasilitas premium agar kita bisa mengirimkan pesan lebih banyak setiap bulannya.
USAGE CONDITIONS & PURCHASE HISTORY belum pernah pakai..
42. Menu berikutnya adalah NOTICES, berisi informasi-informasi dari LINE.
43. Fitur terakhir adalah HELP, disini pakai bahasa inggris dan berbentuk FAQ (FREQUENTLY ASKED QUESTIONS)
contoh nya add https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=1293357057355586&id=100000439131711
0 Comments