Makalah Ukm makanan







Makalah UKM
Makalah ini diajukan untuk memenuhi Ujian Tengah Semester Mata Kuliah Kewirausahaan

Disusun Oleh
NIM                            :   1115070025
NAMA                        :   Muhammad Ridhuwan
Mata Kuliah                :   Kewirausahaan
                                      TI JSM 15
     STMIK Bina Sarana Global
TAHUN PELAJARAN 2018/2019










Pendahuluan

1           Latar Belakang
Pada saat ini kita sedang berada di zaman globalisasi. Indonesia sendiri tentunya mengalami beberapa dampak dari globalisasi. Dengan adanya globalisasi, kita menjadi lebih mengenal dunia internasional dan diantaranya banyak budaya - budaya internasional yang mulai masuk ke Indonesia, seperti budaya dari negara Korea Selatan. Untuk saat ini, terutama, budaya dari negara Ginseng tersebut memang sedang terkenal dikalangan masyarakat Indonesia. Banyak dari masyarakat Indonesia, terutama kaum muda yang menerima dan sangat menyukai budaya Korea Selatan. Salah satunya banyak yang mulai mengonsumsi makanan-makanan khas negara Korea Selatan. Kami memanfaatkan kesempatan ini untuk mulai berbisnis dibidang kuliner yang bertema makanan khas Korea Selatan, yaitu Patbingsoo (es serut khas Korea Selatan) dan Korean Street Food. Banyak orang berpikir bahwa makanan internasional memiliki harga yang cukup mahal, karena bahan makanan yang perlu diimpor dari negara asal. Tetapi kami berusaha sebaik mungkin untuk menyajikan makanan internasional dengan harga yang bersahabat namun memiliki kualitas rasa yang sama seperti di negara asal makanan tersebut.
2          Visi, Misi, dan Tujuan
Visi
·        Menjadi usaha makanan yang memiliki keunggulan dalam cita rasa dan harga makanan, serta menjadi pilihan utama pelanggan.
Misi
·        Berorientasi pada pemenuhan kebutuhan pasar.
·        Memberikan kualitas rasa makanan yang Lezat , nikmat dan sehat
·        Memberikan makanan beraneka rasa
·        Mendirikan wisata kuliner makanan internasional


Tujuan
·        Mencari kepuasan pelanggan
·        Menambah pengalaman kewirausahaan dalam melakukan kegiatan usaha.
·        Menambah pengalaman ilmu pengetahuan kewirausahaan.
·        Mewujudkan kemampuan dalam berwirausahaan untuk meningkatkan kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.
·        Mencari keuntungan




Profil Perusahaan

1.         Nama Perusahaan
D’Kus313

2.         Bidang Usaha
Kuliner

3.         Jenis Produk / Jasa
Makanan siap Saji dan Makanan Penutup

4.         Alamat Perusahaan
Pabuaran Cimone , Tangerang 15114

5.         Nomor Telepon/Fax
089630098020

6.         Alamat E-mail
Dkus313@gmail.com
















Legalitas Perusahaan







Struktur Organisasi Perusahaan




Target Pasar SWOT

Segmentasi Pasar Produk
·         Segmentasi pasar produk kami adalah mulai dari kalangan menengah sampai kalangan atas.

Target Pemasaran Produk
·         Target pemasaran produk kami adalah masyarakat usia remaja sampai usia dewasa.


1.     Strengths | Kekuatan 

·         Warga sekitar menyukai makanan siap saji
·         Konsep yang ditawarkan menggunakan Wifi
·         Tempat nongkrong untuk anak muda
·         Harga murah meriah
·         Konsep anak muda
·         Menggunakan konsep lesehan
·         Mudah di akses
·         Memiliki website dan forum pribadi
·         Mengutamakan Rasa makanan
·         Bebas bahan pengawet

2.     Hal yang dilakukan setelah analisis 

·         Mengutamakan bebas dari bahan pengawet
·         Mengelola dengan baik website dan forum
·         mengutamakan konsep anak muda
·         Mempertahankan harga murah meriah

3.     Weakness | Kelemahan 

·         Modal untuk memulai usaha masih kurang
·         Modal besar
·         Banyak nya pesaing

4.     Hal yang dilakukan setelah analisis 

·         Menjadikan pesaing sebagai motivasi
·         Meminimalisir biaya / modal
·         Membuat website yang keren


5.     Opportunities | Kesempatan 

·         Dengan daya inovatif dan kreatif usaha ini memiliki kesempatan besar untuk menguasai pasar.
·         Belum banyak tempat makan Sederhana yang memasang Wifi
·         Malam minggu biasanya menjadi favorit anak muda untuk berkumpul bersama teman2.
·         Memberikan lapangan pekerjaan bagi warga sekitar

6.     Hal yang dilakukan setelah analisis 

·         Merekrut tenaga kerja dari warga sekitar
·         Memasang dan merawat Wifi
·         Mempertahankan konsep yang inovatif & kreatif

7.     Threats | Ancaman 

·         Wifi terkadang memiliki gangguan
·         Harga bahan baku yang meningkat, otomatis harga akan mempengaruhi nya
·         Banyak pesaing yang mengikuti konsep yang telah kita buat.

8.     Hal yang dilakukan setelah analisis

·         Merawat Wifi dan menyiapkan tekhniksi yang siap dihubungi 24 jam
·         Mengusahkan mempertahankan harga
·         Mempertahankan pengunjung dengan inovasi yang baru.








Penutup

                Dengan demikian makalah ukm ini saya buat, Tujuan dibuatnya makalah ini adalah untuk mengajak kerjasama usaha antara perusahaan kami dengan perusahaan Anda selaku supplier salah satu bahan produk kami yaitu makanan. Kami berharap setelah melihat isi makalah yang kami buat ini, perusahaan Anda bisa sepakat untuk melakukan kerjasama usaha sebagai supplier bahan baku produk kami. Kami yakin jika perusahaan Anda setuju dengan kerjasama ini, perusahaan Anda akan mendapatkan banyak keuntungan dan bisa menjadi perusahaan yang lebih maju dan sukses.
            Kami memohon maaf jika ada kesalahan atau ada kata-kata yang kurang berkenan bagi Anda dalam makalah ini. Kami sangat berterima kasih atas perhatiannya, dan kami berharap agar perusahaan Anda setuju dengan penawaran kerjasama ini. Akhir kata kami ucapkan salam dan sekali lagi terima kasih.

Tangerang, 18 February 2018

Muhammad Ridhuwan



Untuk lebih jelas Silahkan Download Di SINI

Post a Comment

0 Comments